Aprilmop

Perayaan April Mop berawal dari suatu tragedi besar yang sangat menyedihkan dan memilukan? April  Mop, berawal dari satu episode sejarah Muslim Spanyol di tahun 1487 M, atau bertepatan dengan 892 H.

Dimana saat tentara salib menguasai kembali Spanyol dari tentara Islam. Penyerangan oleh pasukan salib benar-benar dilakukan dengan kejam tanpa mengenal peri kemanusiaan. Tidak hanya pasukan Islam yang dibantai, tetapi juga penduduk sipil, wanita, anak-anakil, orang tua. Satu-persatu daerah di Spanyol  jatuh.

Granada adalah daerah terakhir yang ditaklukkan.  Penduduk-penduduk Islam di Spanyol (juga disebut orang Moor) terpaksa berlindung di dalam rumah untuk menyelamatkan diri. Mereka dijanjikan bisa berlayar dengan kapal. Lalu ribuan umat muslim keluar menuju dermaga. Sesampainya disana, kapal-kapal itu dibakar oleh tentara salib. Mereka terkepung oleh pedang. Dengan satu komando, tentara salib membantai mereka tanpa ampun. Jerit tangis & takbir membahana. Seluruh Muslim Spanyol di pelabuhan itu habis dibunuh dengan kejam. Darah menggenang di mana-mana. Laut yg biru telah berubah menjadi merah kehitam-hitaman.

Sebab itulah, mereka merayakan April Mop dengan cara melegalkan penipuan & kebohongan walau dibungkus dengan dalih sekadar hiburan atau keisengan belaka.

Tragedi ini bertepatan dengan tanggal 1 April. Inilah yg kemudian diperingati oleh dunia kristen setiap tanggal 1 April sebagai April Mop.  Pada tanggal 1 April, orang-orang diperbolehkan menipu & berbohong kepada orang lain

Siapapun orang Islam yg turut merayakan April Mop, maka ia tengah merayakan ulang tahun pembunuhan massal ribuan saudara-saudaranya di Granada, Spanyol, 5 abad silam.

Perhatikan hadits ini :

Barangsiapa menyerupai suatu kaum, maka ia termasuk golongan mereka.(HR. Abu Dawud, Ahmad)
“Siapa di antara kamu yang berloyal kepada mereka, maka sungguh ia bagian dari mereka.” (QS.5: 51).”

Sekarang, pantaskah kita merayakan April Mop ?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: